Kelas : 2KA22/Transfer
2015
NPM : 1B115850
Tugas 1 Inovasi
SI dan Teknologi Informasi Modern #
PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI SECARA GLOBAL
Teknologi
adalah desain untuk tindakan instrumental yang mengurangi ketidakpastian dalam
hubungan sebab-akibat yang terlibat dalam mencapai hasil yang diinginkan.
Teknologi biasanya memiliki dua aspek yaitu aspek perangkat keras ( terdiri
dari materi atau benda-benda fisik) dan aspek perangkat lunak ( terdiri dari
basis informasi untuk perangkat keras ). Kedua aspek tersebut penting untuk
penggunaan praktis komputer, tetapi karena perangkat keras lebih terlihat oleh
pengamat kasual, maka kita akan berpikir teknologi utama adalah perangkat
keras.
Teknologi komunikasi dalam masyarakat modern seperti Amerika Serikat. Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras, organisasi, struktur dan nilai-nilai sosial yang digunakan individu untuk mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi dengan individu lainnya. Selanjutnya, yang lebih penting adalah sifat dan bagaimana fungsi media baru bagi sebagian besar orang untuk bertukar informasi. Pada kenyataannya teknologi komunikasi baru tidak hanya ditandai dengan adanya teknologi tunggal baru seperti mikrokomputer dan satelit, tetapi menggabungkan elemen-elemen dari jenis komunikasi baru seperti menggunakan satelit untuk memberikan berbagai wid dari programming untuk sistem televisi kabel. Contoh teknologi komunikasi baru yaitu telekonferensi jaringan, elektronik sistem, papan buletin computer, dan televise kabel interaktif.
Perubahan
pada komunikasi manusia sebagai hasil teknologi baru
Sistem komunikasi baru
memiliki tingkat interaktivitas tertentu, seperti percakapan dua orang atau
tatap muka. Interaktivitas adalah kemampuan sistem komunikasi baru untuk
berbicara kembali kepada pengguna atau hampir seperti seorang individu yang
berpartisipasi dalam percakapan.
Media baru juga demassified yaitu bahwa sebuah
pesan khusus dapat ditukar dengan setiap individu dalam khalayak yang besar.
Menyamakan individualisasi seperti media baru untuk komunikasi tatap muka
interpersonal, kecuali bahwa mereka tidak bertatap muka.
Teknologi komunikasi
baru juga sinkron, yang berarti mereka memiliki kemampuan untuk mengirim atau
menerima pesan pada waktu yang tepat bagi seorang individu.
Ada
tiga klasifikasi dasar dari Perkembangan teknologi yaitu :
·
Perkembangan teknologi yang bersifat netral (bahasa Inggris:
neutral technological progress). Terjadi bila tingkat pengeluaran (output)
lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan
(input) yang sama.
·
Perkembangan teknologi yang hemat tenaga kerja (bahasa Inggris:
labor-saving technological progress). Perkembangan teknologi yang terjadi
sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara
cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari
kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.
·
Perkembangan teknologi yang hemat modal (bahasa Inggris:
capital-saving technological progress). Fenomena yang relatif langka. Hal ini
terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di
dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga
kerja, bukan modalnya.
Jenis media baru
1. Mikrokomputer
Unit yang berdiri
sendiri, biasanya dengan ketentuan untuk memuat perangkat lunak individual dan
kadang-kadang dihubungkan dengan mikrokomputer lain dalam jaringan. Unit pusat
pengolahan mikrokomputer yang membaca dan mengeksekusi instruksi program adalah
berupa sebuah chip semikonduktor tunggal.
2. Telekonferensi
Pertemuan kelompok
kecil yang dimiliki oleh komunikasi elektronik interaktif antara tiga orang
atau lebih dalam dua atau lebih lokasi yang terpisah. Tiga jenis utama
telekonferensing adalah video telekonferensi, telekonferensi audio, dan
telekonferensi computer.
3. Teleteks
Layanan informasi
interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frame informasi untuk
melihat pada layar televise rumah.
4. Videotext
Layanan informasi
interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frames informasi dari
sebuah computer pusat untuk melihat pada layar tampilan video .
5. Komunikasi
Satelit
Komunikasi satelit
terdiri dari pesan telepon, siaran televisi dan pesan lain dari suatu tempat di
permukaan lain. Satelit ini biasanya diletakan di stationer atau di sekitar
khatulistiwa sekita 22.300 mil dari permukaan bumi. Pada dasarnya, transmisi
satelit televise, telepon dan informasi lain menghilangkan pengaruh jarak pada
biaya komunikasi.
Dampak
positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai
bidang Bidang
Informasi dan komunikasi
· Dalam bidang informasi dan komunikasi
telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan
dampak positifnya antara lain:
· Kita akan lebih cepat mendapatkan
informasi- informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui
internet
· Kita dapat berkomunikasi dengan teman,
maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
·
Kita mendapatkan layanan bank yang
dengan sangat mudah.
·
Disamping keuntungan-keuntungan yang
kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga
untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
·
Pemanfaatan jasa komunikasi oleh
jaringan teroris (Kompas)
· Penggunaan informasi tertentu dan situs
tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu
untuk tujuan tertentu
Bidang
Pendidikan
Teknologi mempunyai
peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain :
Munculnya
media massa, khususnya media elektronik sebagai
sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya
satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
Munculnya metode-metode
pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses
pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptlah metode-metode baru yang
membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut
dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
Sistem pembelajaran
tidak harus melalui tatap muka .
Adapun
Perkembangan Teknologi terbaru yaitu :
Virtual Reality dan Augment Reality
Pengertian Virtual Reality
Virtual Reality (VR)
atau Realitas Maya adalah teknologi yang memungkinkan user dapat berinteraksi dengan suatu
lingkungan berdimensi 3 yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek
nyata atau imajinasi, sehingga membuat user seolah-olah terlibat secara fisik pada
lingkungan tersebut.
Gambar : Virtual Reality
Aplikasi dan Contoh Virtual Reality
Teknologi ini biasanya digunakan pada bidang medis, arsitektur,
dan penerbangan yang mempunyai risiko yang sangat besar dan membutuhkan prototype yang meniru kondisi nyata sebelum
diimplementasikan. Contohnya, seorang calon pilot dapat menggunakan VR untuk
simulasi penerbangan menggunakan komputer khusus untuk melakukan ujian.
Peranti Virtual Reality
Virtual Reality biasanya
membutuhkan peralatan-peralatan khusus, seperti layar komputer (screen)
untuk menampilkan lingkungan, pengeras suara (speaker)
untuk menerima informasi pendengaran, pelacak (tracker)
untuk memonitor gerakan kepala user, sarung tangan (glove)
untuk menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem,
alat bantu jalan (walker) untuk memantau gerakan kaki, dll.
Cara Kerja Virtual Reality
Pada prinsipnya, user melihat suatu dunia semu yang
sebenarnya merupakan gambar-gambar dinamis hasil dari simulasi komputer.
Melalui peranti-peranti khusus VR, userdapat
berinteraksi dengan dunia semu dan mendapatkan umpan balik yang seolah-olah
nyata, baik secara fisik maupun psikologis.
Pengertian Augmented Reality
Augmented
Reality (AR)
atau Realitas Tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya
(baik berdimensi 2 dan/atau berdimensi 3) dan benda-benda nyata ke dalam sebuah
lingkungan nyata berdimensi 3, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut
dalam waktu nyata agar terintegrasi dan berjalan secara interaktif dalam dunia
nyata.
Gambar : Augment Reality
Aplikasi dan Contoh Augmented Reality
Teknologi ini biasanya digunakan pada bidang militer,
medis, komunikasi, dan manufaktur yang mempunyai risiko besar dan membutuhkan
tambahan benda-benda semu yang meniru benda-benda nyata sebelum
diimplementasikan. Contohnya, pada pemeriksaan sebelum operasi seperti CT Scan
atau MRI yang memberikan gambaran kepada ahli bedah mengenai anatomi internal
pasien. Dari gambar-gambar tersebut, kemudian pembedahan direncanakan. AR dapat
diaplikasikan sehingga tim bedah dapat melihat data CT Scan atau MRI pada
pasien saat pembedahan berlangsung.
Peranti Augmented Reality
Pada umumnya Augmented
Reality membutuhkan
alat masukkan (input device) seperti kamera atau webcam, alat
keluaran (output device) seperti monitor atau Head Mounted Display (HMD), alat pelacak (tracker) agar
benda maya tambahan berupa penanda (marker)
yang dihasilkan berjalan secara real-time atau mungkin interaktif walaupun benda
nyata yang menjadi induknya digeser-geser, dan komputer untuk menjalankan
program AR.
Cara Kerja Augmented Reality
Augmented Reality bekerja
berdasarkan deteksi citra, dan citra yang digunakan adalahmarker.
Prinsip kerjanya adalah kamera yang telah dikalibrasi akan mendeteksi markeryang
diberikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker, webcam akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki.
Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah, tetapi bila sesuai
maka informasi marker akan digunakan untuk me-render dan menampilkan objek 3D atau animasi
yang telah dibuat sebelumnya.
Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality
Virtual Reality menggantikan
kenyataan dengan dunia semua secara keseluruhan, sedangkan Augmented Reality menambahkan atau melengkapi kenyataan
dengan benda-benda semu.
Sumber Referensi:
Perkembangan
Teknologi
http://www.artikelind.com/2013/09/perkembanganteknologi.html#ixzz4LvkFMFDR [diakses
02 Oktober 2016]
Realitas Maya
https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya
[diakses 02 Oktober 2016]
0 comments
Post a Comment