Nama : Krisna
Widiasa
Kelas : 3KA25/Transfer
2015
NPM : 1B115850
Tugas 1 Pengantar
Teknologi Sistem Cerdas #
Soal
:
1.Apa
Itu Sistem Cerdas, Uraikan Sejarah Sistem Cerdas ?
2.
Sebutkan dan Jelaskan Contoh Teknologi Sistem Cerdas ?
Jawab
:
1.
Pengertian Sistem Cerdas adalah Kecerdasan
Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa
diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi atau yang Dianggap sebagai IA
didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini
umumnya dianggap komputer. Kecerdasan
diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat
dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan
buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Definisi
Kecerdasan Buatan Kecerdasan Buatan menurut para Ahli
adalah :
· Ilmu rekayasa yang membuat suatu mesin
mempunyai intelegensi tertentu khususnya program komputer yang “cerdas” (John
Mc Cathy, 1956)
· Kecerdasan buatan merupakan kawasan
penelitian, aplikasi dan intruksi yang terkait dengan pemrograman computer
untuk melakukan sesuatu hal – yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas.
(H.A Simon, 1987)
Berdasarkan
Hal Tersebut terdapat pengertian sistem cerdas
secara umum yaitu suatu sistem informasi yang berhubungan dengan penangkapan,
pemodelan dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi
informasi sehingga sistem tersebut memiliki kecerdasan seperti yang dimiliki
manusia. Sistem ini dikembangkan untuk mengembangkan metode dan sistem untuk
menyelesaikan masalah, biasanya diselesaikan melalui aktifivitas intelektual
manusia, misal pengolahan citra, perencanaan, peramalan dan lain-lain,
meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer.
Adapun
Sejarah Sistem Cerdas yaitu :
Di awal abad 20,
seorang penemu Spanyol yang bernama Torres Y Quevedo, membuat sebuah mesin yang
dapat mengskakmat raja laannya dengan sebuah raja dan ratu.
Perkembangan secara
sistematis kemudian dimulai ditemukannya komputer digital.
* Pada tahun 1950-an
Alan Turing seorang matematikawan dari Inggris. Pertama kali mengusulkan adanya
tes untuk melihat bias tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas (dikenal dengan
Turing Test) seolah-olah mesin mampu merespon terhadap serangkaian pertanyaan
yang diajukan.
* Istilah kecerdasan
buatan dimunculkan pertama kali pada tahun 1956 ketika John Mc Cathy dari
Massachusets Institute of Technology (MIT) menciptakan bahasa pemrograman LISP
* Loghic Theorist
(1956), diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan
teorema-teorema matematika.
* Mesin Neural Network
pertama oleh Marvin Minsky (1958)
* Sad Sam, deprogram
oleh Robert K. Lindsay (1960), program ini dapat mengetahui kalimat-kalimat
sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari
fakta-fakta yang didengar dalam sebuah percakapan.
* Muncul logika samar
(1965) yang merupakan pelaksanaan konsep samar di atas system komputer. Logika
samar mengukur ketidaktepatan dengan cara yang tepat, seperti yang diperlukan
mesin.
* ELIZA (1967),
diprogram oleh Joseph Weizenbaum, yang mampu melakukan terapi terhadap pasien
dengan memberikan beberapa pertanyaan.
* Program Microworld
dengan penciptaan proyek SHRDLU (1968) merupakan Expert System yang pertama.
* Pada tahun 1972
bahasa Prolog dimunculkan.
* John Holland (1975)
mengatakan bahwa setiap problem berbentuk adaptasi (alami maupun buatan) secara
umum dapat diformulasikan dalam terminologi genetika (Algoritma Genetika) .
* Sistem catur AI
mengalahkan manusia (Pecatur master) pada tahun 1991.
* Robotik, peranti
mekanika yang diprogram untuk melakukan berbagai tugas.
2.
Contoh Teknologi Sistem Cerdas :
Terdapat Ciri-ciri dari sistem cerdas yaitu seperti
berikut :
1.
Mempunyai Perasaan
Sebuah Mesin dapat memiliki logika yang
mempunyai perasaan dan toleransi seperti manusia. Logika yang mempunyai
persamaan ini dimaksudkan bahwa logika yang bernilai samar yang benar terlihat
tidak benar dan salah bernilai tidak salah. Sehingga dalam kerjanya, logika
tersebut menggunakan perasaan. Logika Samar merupakan perasaan yang
ditanamkan pada komputer, sehingga komputer dapat mengambil keputusan 'diantara
1 dan 0' atau dengan kata lain, komputer dapat memiliki toleransi, unsur rasa,
atau 'kira-kira'. Komputer juga dapat memiliki kesensitifan dari input yang
diberikan sehingga berpengaruh dalam output yang didapat. Logika samar
tersebut disebut dengan Fuzzy Logic.
2.
Mempunyai Sistem Kerja Otak
Sistem kerja otak manusia dilukiskan dalam
sebuah sel saraf yang akan berintegrasi satu sama lain pada otak manusia. Pada
mesin di tanamkan cara kerja sel saraf yang menyerupai manusia, sehingga
diperlukan perumusan persamaan model matematik. Model persamaan matematik
tersebut dituliskan pada program-program komputer seperti pada Visual Basic,
Delphi, DEV C++,Matlab dan lain-lain. Bahasan mengenai kerja sel saraf yang
dituliskan pada bahasa pemrograman komputer dikenal dengan Artificial
Neural Network. Artificial Neural Network ini atau yang juga disebut
Jaringan Saraf Tiruan dikembangkan sebagai generalisasi model matematika dari
biologis sistem syaraf.
3.
Layaknya manusia yang dapat berpikir
Kecerdasan
buatan yang ditanamakan sebuah mesin dapat berpikir dan mengambil sebuah
keputusan tanpa diperitah oleh manusia. Sehingga diperlukan logika berpikir
mesin yang sama dengan manusia. Hal itu yang disebut dengan Artificial
Intelegent. Artificial Intelegent membahas tentang bagaimana mesin
dapat berpikir dan bertindak seperti manusia. Dalam bahasa yang lebih sederhana
, kecerdasan buatan ini adalah ilmu dan teknik untuk membuat mesin menjadi
cerdas yang guna memahami kecerdasan manusia dalam melakukan tugas.
Sistem cerdas memiliki
3 elemen, yakni:
1.
Jaringan saraf tiruan (Artificial Neural Network)
Salah
satu upaya manusia untuk memodelkan cara kerja atau fungsi sistem syaraf
manusia dalam melaksanakan tugas tertentu. Jaringan Saraf Tiruan dikembangkan
sebagai generalisasi model matematika dari biologis sistem syaraf
2.
Logika fuzzy (Fuzzy logic)
Suatu
sistem yang digunakan untuk menangani konsep kebenaran parsial yaitu kebenaran
yang berada diantara sepenuhnya benar dan sepenuhnya salah (Lofti A. Zadeh
dalam Yan, Jun. 1994;14). Logika fuzzy ini bekerja lebih dekat dengan cara
kerja otak manusia, yakni ketika membentuk sebuah perintah yang samar
(ambigu/ketidakjelasan) atau mencakup 2 hal yang menjadi hasil perbandingan
misalnya “tidak sedikit” “kurang tinggi” “sedang” “cukup” dan sebagainya.
3.
Kecerdasan Buatan (Intelegensi Artifisial)
Kecerdasan
yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) sehingga mesin
dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Salah satu
kelebihan dari mesin artificial intelilligence dapat bertahan dalam kondisi
ekstrim. Seperti contoh Robot BigDog yang ditendang dengan keras dan berjalan
pada wilayah yang ekstrim (tidak datar) . Dalam kondisi tersebut , dia
mempertahankan dirinya untuk tidak jatuh. Padahal manusia sendiri belum tentu
bisa mempertahankan keseimbangannya pada kondisi seperti itu
Sedangkan Untuk
kegunaan dari implementasi sistem cerdas adalah sebagai berikut :
Sistem cerdas menerapkan kecerdasan buatan
pada mesin atau komputer. Contoh dari sistem cerdas yang sering kita temui
sehari-hari adalah pada games, contohnya sepertipada games Angry Birds yang
memiliki banyak sekali kemungkinan gerak aksi-reaksi pada unsur-unsur dalam
games tersebut sehingga tidak mungkin ditangani oleh pemrograman konvensional.
Sistem cerdas juga memungkinkan kita berinteraksi secara emosional pada karakter
game yang dapat memiliki unsur rasa.
Dalam Angry Birds,
pemain mengendalikan sekawanan burung warna-warni yang berusaha untuk mengambil
telur yang dicuri oleh sekelompok karakter hewan babi hijau jahat. Pada setiap
tingkat, karakter hewan babi-karakter hewan babi yang dilindungi oleh struktur
yang terbuat dari berbagai bahan seperti es, kayu, dan batu. Tujuan dari
permainan ini adalah untuk menghilangkan semua karakter hewan babi di tiap
tingkat permainan. Menggunakan katapel, pemain meluncurkan burung dengan maksud
untuk memukul karakter hewan babi secara langsung atau merusak strukturyang melindunginya,
runtuhnya strutkur dapat membunuh karakter hewan babi. Dalam berbagai tahap permainan,
benda tambahan seperti bahan peledak dan krat batu ditemukan dibeberapa
tingkat, dan dapat digunakan bersama dengan burung-burung untukmenghancurkan karakter
hewan babi yang sulit dijangkau.
Adapun
Sistem cerdas yang di Terapkan diantaranya:
Beberapa jenis burung
yang digunakan dalam permainan. Pada tingkat awal, burung merah adalah
satu-satunya yang tersedia. Setiap tahap permainan, jenis burung akan bertambah,
beberapa jenis burung lebih efektif terhadap bahan tertentu atau
memilikikemampuan khusus yang diaktifkan setelah burung diluncurkan. Sebagai
contoh, seekor burung biru kecil dapat memisah menjadi tiga burung kecil,
burung biru es dapat membuat sasarannya membeku, burung kuning yang dapat menambah
kecepatan dan daya rusak, burung hitam yang bisa meledak, dan burung putih yang
bisa menjatuhkan bom telur, burung hijau yang bisa menjadi bumerang, burung
merah atau hijau berukuran besar yang bisa menghancurkan lebih banyak
struktur,burung orange yang bisa memperbesar diri, dan burung ungu bisa
menembak tepat sasaran. Karakter hewan Karakter hewan babi juga muncul dalam
ukuran yang berbeda. Karakter hewan Karakter hewan babi kecil relatif lemah dan
mudah dihancurkan baik oleh tembakan langsung atau dengan puing-puing dari
bangunan yang rusak, karakter hewan babilebih besar mampu mempertahankan diri
dari banyak kerusakan. Juga, beberapa karakter hewan babimengenakan helm baja,
membuat mereka lebih tahan terhadap kerusakan struktur, sedangkan karakter
hewan babi dengan mahkota paling banyak bisa menahan kerusakan.
Selain itu aplikasi
sistem aplikasi sistem cerdas juga di terapkan pada Robot ashimo dari jepang Robot
Ashimo yaitu robot yang dapat diajak untuk berjabat tangan saat ditawarkan atau
memberi tanggapan saat seseorang melambaikan tangan kepada Asimo, robot Bigdog
yang mempunyai keseimbangan dalam posisinya dan tidak terjatuh saat diberikan
gaya dorong dari segala arah, dan sebagainya.
Sumber Referensi:
Pengertian Kecerdasan
Buatan
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan [diakses
22 Oktober 2016]
Artikel Umum Sistem Cerdas
http://shofa-f-r-fst11.web.unair.ac.id/artikel_detail-137749-Umum-OVERVIEW%20SISTEM%20CERDAS.html
[diakses 22 Oktober 2016]
0 comments
Post a Comment