Followers

Total Pageviews

Clock Today

Popular Posts

Saturday, October 22, 2016

Tugas 1 Pengantar Teknologi Sistem Cerdas #

Nama : Krisna Widiasa
Kelas : 3KA25/Transfer 2015
NPM : 1B115850
Tugas 1 Pengantar Teknologi Sistem Cerdas #

Soal :
1.Apa Itu Sistem Cerdas, Uraikan Sejarah Sistem Cerdas ?
2. Sebutkan dan Jelaskan Contoh Teknologi Sistem Cerdas ?

Jawab :

1. Pengertian Sistem Cerdas adalah Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi atau yang Dianggap sebagai IA didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzyjaringan syaraf tiruan dan robotika.

Definisi Kecerdasan Buatan Kecerdasan Buatan menurut para Ahli adalah :

·   Ilmu rekayasa yang membuat suatu mesin mempunyai intelegensi tertentu khususnya program komputer yang “cerdas” (John Mc Cathy, 1956)
·  Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal – yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas. (H.A Simon, 1987)

Berdasarkan Hal Tersebut terdapat pengertian sistem cerdas secara umum yaitu suatu sistem informasi yang berhubungan dengan penangkapan, pemodelan dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi informasi sehingga sistem tersebut memiliki kecerdasan seperti yang dimiliki manusia. Sistem ini dikembangkan untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah, biasanya diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misal pengolahan citra, perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer.

Adapun Sejarah Sistem Cerdas yaitu :

Di awal abad 20, seorang penemu Spanyol yang bernama Torres Y Quevedo, membuat sebuah mesin yang dapat mengskakmat raja laannya dengan sebuah raja dan ratu.

Perkembangan secara sistematis kemudian dimulai ditemukannya komputer digital.

* Pada tahun 1950-an Alan Turing seorang matematikawan dari Inggris. Pertama kali mengusulkan adanya tes untuk melihat bias tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas (dikenal dengan Turing Test) seolah-olah mesin mampu merespon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan.

* Istilah kecerdasan buatan dimunculkan pertama kali pada tahun 1956 ketika John Mc Cathy dari Massachusets Institute of Technology (MIT) menciptakan bahasa pemrograman LISP

* Loghic Theorist (1956), diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika.

* Mesin Neural Network pertama oleh Marvin Minsky (1958)

* Sad Sam, deprogram oleh Robert K. Lindsay (1960), program ini dapat mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang didengar dalam sebuah percakapan.

* Muncul logika samar (1965) yang merupakan pelaksanaan konsep samar di atas system komputer. Logika samar mengukur ketidaktepatan dengan cara yang tepat, seperti yang diperlukan mesin.

* ELIZA (1967), diprogram oleh Joseph Weizenbaum, yang mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.

* Program Microworld dengan penciptaan proyek SHRDLU (1968) merupakan Expert System yang pertama.

* Pada tahun 1972 bahasa Prolog dimunculkan.

* John Holland (1975) mengatakan bahwa setiap problem berbentuk adaptasi (alami maupun buatan) secara umum dapat diformulasikan dalam terminologi genetika (Algoritma Genetika) .

* Sistem catur AI mengalahkan manusia (Pecatur master) pada tahun 1991.

* Robotik, peranti mekanika yang diprogram untuk melakukan berbagai tugas.

2. Contoh Teknologi Sistem Cerdas :

Terdapat Ciri-ciri dari sistem cerdas yaitu seperti berikut :

1. Mempunyai Perasaan

Sebuah Mesin dapat memiliki logika yang mempunyai perasaan dan toleransi seperti manusia. Logika yang mempunyai persamaan ini dimaksudkan bahwa logika yang bernilai samar yang benar terlihat tidak benar dan salah bernilai tidak salah. Sehingga dalam kerjanya, logika tersebut menggunakan perasaan. Logika Samar merupakan perasaan yang ditanamkan pada komputer, sehingga komputer dapat mengambil keputusan 'diantara 1 dan 0' atau dengan kata lain, komputer dapat memiliki toleransi, unsur rasa, atau 'kira-kira'. Komputer juga dapat memiliki kesensitifan dari input yang diberikan sehingga berpengaruh dalam output yang didapat. Logika samar tersebut disebut dengan Fuzzy Logic.

2. Mempunyai Sistem Kerja Otak 

Sistem kerja otak manusia dilukiskan dalam sebuah sel saraf yang akan berintegrasi satu sama lain pada otak manusia. Pada mesin di tanamkan cara kerja sel saraf yang menyerupai manusia, sehingga diperlukan perumusan persamaan model matematik. Model persamaan matematik tersebut dituliskan pada program-program komputer seperti pada Visual Basic, Delphi, DEV C++,Matlab dan lain-lain. Bahasan mengenai kerja sel saraf yang dituliskan pada bahasa pemrograman komputer dikenal dengan Artificial Neural Network. Artificial Neural Network ini atau yang juga disebut Jaringan Saraf Tiruan dikembangkan sebagai generalisasi model matematika dari biologis sistem syaraf.

 3. Layaknya manusia yang dapat berpikir

Kecerdasan buatan yang ditanamakan sebuah mesin dapat berpikir dan mengambil sebuah keputusan tanpa diperitah oleh manusia. Sehingga diperlukan logika berpikir mesin yang sama dengan manusia. Hal itu yang disebut dengan Artificial Intelegent. Artificial Intelegent membahas tentang bagaimana mesin dapat berpikir dan bertindak seperti manusia. Dalam bahasa yang lebih sederhana , kecerdasan buatan ini adalah ilmu dan teknik untuk membuat mesin menjadi cerdas yang guna memahami kecerdasan manusia dalam melakukan tugas.

Sistem cerdas memiliki 3 elemen, yakni:

 1. Jaringan saraf tiruan (Artificial Neural Network)

Salah satu upaya manusia untuk memodelkan cara kerja atau fungsi sistem syaraf manusia dalam melaksanakan tugas tertentu. Jaringan Saraf Tiruan dikembangkan sebagai generalisasi model matematika dari biologis sistem syaraf

2. Logika fuzzy (Fuzzy logic)

Suatu sistem yang digunakan untuk menangani konsep kebenaran parsial yaitu kebenaran yang berada diantara sepenuhnya benar dan sepenuhnya salah (Lofti A. Zadeh dalam Yan, Jun. 1994;14). Logika fuzzy ini bekerja lebih dekat dengan cara kerja otak manusia, yakni ketika membentuk sebuah perintah yang samar (ambigu/ketidakjelasan) atau mencakup 2 hal yang menjadi hasil perbandingan misalnya “tidak sedikit” “kurang tinggi” “sedang” “cukup” dan sebagainya.

3. Kecerdasan Buatan (Intelegensi Artifisial)

Kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) sehingga mesin dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Salah satu kelebihan dari mesin artificial intelilligence dapat bertahan dalam kondisi ekstrim. Seperti contoh Robot BigDog yang ditendang dengan keras dan berjalan pada wilayah yang ekstrim (tidak datar) . Dalam kondisi tersebut , dia mempertahankan dirinya untuk tidak jatuh. Padahal manusia sendiri belum tentu bisa mempertahankan keseimbangannya pada kondisi seperti itu

Sedangkan Untuk kegunaan dari implementasi sistem cerdas adalah sebagai berikut :

 Sistem cerdas menerapkan kecerdasan buatan pada mesin atau komputer. Contoh dari sistem cerdas yang sering kita temui sehari-hari adalah pada games, contohnya sepertipada games Angry Birds yang memiliki banyak sekali kemungkinan gerak aksi-reaksi pada unsur-unsur dalam games tersebut sehingga tidak mungkin ditangani oleh pemrograman konvensional. Sistem cerdas juga memungkinkan kita berinteraksi secara emosional pada karakter game yang dapat memiliki unsur rasa.
Dalam Angry Birds, pemain mengendalikan sekawanan burung warna-warni yang berusaha untuk mengambil telur yang dicuri oleh sekelompok karakter hewan babi hijau jahat. Pada setiap tingkat, karakter hewan babi-karakter hewan babi yang dilindungi oleh struktur yang terbuat dari berbagai bahan seperti es, kayu, dan batu. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menghilangkan semua karakter hewan babi di tiap tingkat permainan. Menggunakan katapel, pemain meluncurkan burung dengan maksud untuk memukul karakter hewan babi secara langsung atau merusak strukturyang melindunginya, runtuhnya strutkur dapat membunuh karakter hewan babi. Dalam berbagai tahap permainan, benda tambahan seperti bahan peledak dan krat batu ditemukan dibeberapa tingkat, dan dapat digunakan bersama dengan burung-burung untukmenghancurkan karakter hewan babi yang sulit dijangkau.

Adapun Sistem cerdas yang di Terapkan diantaranya:
Beberapa jenis burung yang digunakan dalam permainan. Pada tingkat awal, burung merah adalah satu-satunya yang tersedia. Setiap tahap permainan, jenis burung akan bertambah, beberapa jenis burung lebih efektif terhadap bahan tertentu atau memilikikemampuan khusus yang diaktifkan setelah burung diluncurkan. Sebagai contoh, seekor burung biru kecil dapat memisah menjadi tiga burung kecil, burung biru es dapat membuat sasarannya membeku, burung kuning yang dapat menambah kecepatan dan daya rusak, burung hitam yang bisa meledak, dan burung putih yang bisa menjatuhkan bom telur, burung hijau yang bisa menjadi bumerang, burung merah atau hijau berukuran besar yang bisa menghancurkan lebih banyak struktur,burung orange yang bisa memperbesar diri, dan burung ungu bisa menembak tepat sasaran. Karakter hewan Karakter hewan babi juga muncul dalam ukuran yang berbeda. Karakter hewan Karakter hewan babi kecil relatif lemah dan mudah dihancurkan baik oleh tembakan langsung atau dengan puing-puing dari bangunan yang rusak, karakter hewan babilebih besar mampu mempertahankan diri dari banyak kerusakan. Juga, beberapa karakter hewan babimengenakan helm baja, membuat mereka lebih tahan terhadap kerusakan struktur, sedangkan karakter hewan babi dengan mahkota paling banyak bisa menahan kerusakan.



Selain itu aplikasi sistem aplikasi sistem cerdas juga di terapkan pada Robot ashimo dari jepang Robot Ashimo yaitu robot yang dapat diajak untuk berjabat tangan saat ditawarkan atau memberi tanggapan saat seseorang melambaikan tangan kepada Asimo, robot Bigdog yang mempunyai keseimbangan dalam posisinya dan tidak terjatuh saat diberikan gaya dorong dari segala arah, dan sebagainya.


Sumber Referensi:
Pengertian Kecerdasan Buatan
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan [diakses 22 Oktober 2016]

Artikel Umum Sistem Cerdas
http://shofa-f-r-fst11.web.unair.ac.id/artikel_detail-137749-Umum-OVERVIEW%20SISTEM%20CERDAS.html [diakses 22 Oktober 2016]





0 comments

Post a Comment