Followers

Total Pageviews

Clock Today

Popular Posts

Sunday, October 30, 2016

Tugas 2 Inovasi SI dan Teknologi Informasi Modern # PEMBUATAN PROTOTIPE LENGAN ROBOTICS GANDA UNTUK MEMBANTU AKTIVITAS MEMASAK PADA PERUMAHAN MENGGUNAKAN DATABASE

PROPOSAL INOVASI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI
 INFORMASI MODERN #


PEMBUATAN PROTOTIPE LENGAN ROBOTICS GANDA UNTUK MEMBANTU AKTIVITAS MEMASAK PADA PERUMAHAN 
MENGGUNAKAN DATABASE






KRISNA WIDIASA

1B115850

2KA22/Transfer 2015















FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS GUNADARMA
2016-2017





PENDAHULUAN


Latar Belakang


Perkembangan teknologi informasi di dunia terjadi dengan sangat pesat dikarenakan kebutuhan untuk berkomunikasi dan bertukar data dengan cepat dan mudah. Salah satu teknologi komunikasi yang sedang mulai banyak diimplementasikan saat ini adalah penggunaan robot untuk membantu memenuhi aktivitas manusia. Kebutuhan akan memasak yang fleksibel serta efisiensi waktu mendorong manusia berpikir untuk menciptakan teknologi yang fungsinya sebagai pemecahan masalah tersebut.

Artificial Intelligence atau biasa disingkat AI adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh entitas ilmiah. Kecerdasan dibuat dan dimasukkan ke dalam suatu mesin/komputer supaya bisa melakukan pekerjaan seperti yang bisa dikerjakan manusia sistem ini umumnya dianggap komputer. Dengan adanya AI yang ditanamkan kepada robot diharapkan dapat membantu manusia.

Kebutuhan akan makanan yang cepat dan tetap pada akan nutrisi yang baik namun terkendala akan aktivitas dan mobilitas kerja yang tinggi dan ingin tetap merasakan masakan rumahan dan tentunya resep tersendiri mendorong perlunya akan robot yang bisa melakukan pekerjaan tersebut dan tentunya resep sama dengan apa yang kita buat. Dengan adanya database yang tersimpan juga maka dapat menyimpan informasi memori dari resep yang telah kita buat kemudian diimplementasikan kepada robot.

Dalam hal ini Penulis akan membuat suatu inovasi akan teknologi yang baru yang mungkin kedepannya dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut yaitu  “Pembuatan Prototipe Lengan Robotics Ganda Untuk Membantu Aktivitas Memasak Pada Perumahan Menggunakan Database”.

Tujuan


Proyek Ini bertujuan untuk membuat suatu analisa pergerakan Robot lengan dalam memindahkan benda dari koordinat satu ke koordinat lainnya. Robot Lengan terdiri dari mekanik, Elektronik, Sensor dan Aktuaktor akan Dikontrol melalui Mikrokontroller. Kemudian database yang dibuat menggunakan database yang tersimpan pada komputer. Yang telah berisi data-data resep yang telah kita buat.

Ruang  Lingkup


Adapun ruang lingkup permasalahan  yang dibatasi dari tugas proyek Pembuatan Prototipe Lengan Robotics Ganda Untuk Membantu Aktivitas Memasak Pada Perumahan Menggunakan  Database adalah :

1        Kecepatan Gerakan Lengan Robot dibuat Konstan dengan tegangan motor, sehingga robot diatur hanya diatur keakuratannya saja
2        Menggunakan Mikrokontroler sebagai Kontroler Pergerakan Robot
3        Lengan Robot Dikrontrol oleh sinyal dari Sensor

Permasalahan


            Terdapat Permasalahan yang akan dibahas adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana Menghubungkan unsur mekanik, elektronik, sensor dan akuator (motor servo) pada lengan robot
2.      Bagaimana membuat perencanaan permodelan kinematika robot lengan
3.      Belum mengetahui Mikrokontroler yang akan digunakan adalah mikrokontroler jenis apa.
4.      Belum mengetahui sensor jenis apa yang cocok untuk implementasi lengan robot tersebut

Manfaat


Manfaat dalam  pembuatan Pembuatan Prototipe Lengan Robotics Ganda Untuk Membantu  Aktivitas  Memasak Pada  Perumahan  Menggunakan  Database adalah :

1   Dengan adanya Lengan Robot ini dan tertempel pada bagian dapur sehingga dapat bekerja menangani berbagai alat dapur seperti oven, kompor dan lain-lain.



 

DAFTAR PUSTAKA



Pengertian AI https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan [diakses 30 Oktober 2016]



0 comments

Post a Comment